Breaking News

"Dapat Apa kalian dari Alumni??!!"

Seketika sang pengurus Hima Jurusan yang notabene masih mahasiswa tercekat, ketika sang dosen yang juga alumni dari kampusnya dulu menanyakan hal tersebut, seakan lupa bahwa dirinya adalah alumni dari almamaternya, namun ada baiknya kita lihat dari sudut pandang lain yang lebih bijak seiring bertambahnya umur.. hiks.

"ask not what the country can do for you, but ask what you can do for your country" John F Kennedy. sebagai Alumni Teknik Mesin Unila, mari kita tanyakan "apa kontribusi kita untuk Jurusan?", isu ini menghangat disaat kita mulai berusaha membentuk wadah alumni untuk bersilaturahim dan berkontribusi bagi jurusan, tapi kontribusi seperti apa yang bisa kita lakukan?.. bingung kan??.


ada beberapa kontribusi yang bisa kita berikan kepada Jurusan:
  1. Update Data Alumni, lembaga pendidikan apapun dan dimanapun membutuhkan data sebaran alumni, selain sebagai syarat kelengkapan akreditasi yang berkaitan erat dengan Dana pendidikan jika akreditasi semakin baik, juga nilai jual sebuah jurusan dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat komersil, jadi aneh jika jurusan tidak membutuhkan data alumni, dan kita sebagai alumni juga aneh klo merasa sudah gak butuh jurusan
  2. Sharing Info Loker ato Kerja Praktek, nah buat para alumni yang mulai dipercaya memegang posisi di tempatnya bekerja, ato malah di perusahaannya sendiri yang sedang grow up, ada baiknya mulai menginfokan ke pihak jurusan informasi-informasi mengenai hal tersebut, selanjutnya biarkan proses seleksi berlangsung, tapi perlu di kawal juga lah...
  3. Relasi dan Koneksi, ini sebenarnya nilai tambah, tapi saat dibutuhkan hal ini sangat bermanfaat, seperti pepatah "seribu kawan terasa kurang, satu lawan sangatlah banyak". bayangkan jika data alumni selalu update dengan sebaran yang valid, maka kemanapun pun kita pergi, maka yang pertama kali layak disilaturahmikan adalah alumni se almamater.
So, ada baiknya mulai melihat dari sisi positif, sehingga keberkahan yang kita dapat. Jika ada satu-dua alumni yang belum dewasa, itu hanya oknum dan jangan di generalisir.

Kontribusi tidak selalu dilihat dari materi, karena sesuatu terasa bermanfaat jika disaat yang tepat. Semangat kita adalah menjalin persaudaraan yang tumbuh dari almamater yang sama, dengan cerita yang sama, dalam canda tawa dan keceriaan.

GVG-98152024 

4 komentar: